PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DENGAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 JENGGAWAH
Abstract
Dari hasil wawancara dengan guru bidang studi di SMP Negeri 1 Jenggawah
diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII H
SMP Negeri 1 Jenggawah masih rendah. Hal ini disebabkan siswa belum memahami
dan masih kesulitan dalam mempelajari matematika karena sistem pembelajaran yang
tidak memberikan kesempatan siswa aktif dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan authentic assessment
merupakan pembelajaran siswa dengan menggabungkan gerakan fisik dengan
aktivitas intelektual serta penggunaan semua indera yang meliputi mengerjakan LKS
dengan menggunakan alat peraga, mencatat hal penting yang disampaikan guru serta
diskusi selama menyelesaikan LKS. Setelah itu siswa diberikan evaluasi terhadap
hasil belajar dengan menggunakan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment) yang
tidak hanya menilai dari aspek hasil akhir pembelajaran, namun juga meninjau dari
aspek proses dan kinerja siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui penerapan, aktivitas dan ketuntasan hasil belajar teorema
pythagoras setelah penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan
Authentic Assessment.
Pada penelitian ini, ada 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Mengenai waktu
pelaksanaan siklus I yaitu tanggal 6 sampai tanggal 7 Desember 2011 yang terdiri
dari 1 pertemuan pemberian materi dan 1 pertemuan pemberian tes. Untuk
pelaksanaan siklus II, dimulai dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 10 Desember
2011 yang terdiri dari 2 pertemuan pemberian materi dan 1 pertemuan pemberian tes.