PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG MELALUI MEDIA GAMBAR TEMPEL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BUCOR KULON 01
Abstract
Tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan oleh beberapa
faktor salah satunya adalah media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih
kurang dimanfaatkan. Alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik
pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa, sehingga
pemahaman terhadap konsep IPS sulit untuk di pahami dan berakibat pada
kemampuan siswa dalam memahami pelajaran IPS. Pembelajaran dengan
menggunakan media gambar tempel adalah pembelajaran yang memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran serta
siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di
sekitarnya secara mandiri, sehingga dalam penggunaan media gambar tempel dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan Ketuntasan hasil belajar IPS
siswa kelas III SD Negeri Bucor Kulon 01 Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010
dengan menggunakan media pembelajaran Gambar Tempel.