Penggunaan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Perbandingan pada Siswa SMP Negeri 2 Tenggarang, Bondowoso Kelas VII A
Abstract
Dunia pendidikan dewasa ini tengah mendapat sorotan yang sangat tajam
berkaitan dengan tuntutan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang
berkualitas, yaitu sumber daya manusia yang mampu ”hidup” di abad ke-21 (Degeng,
2001:1). Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting dalam
pendidikan. Hampir semua aspek berhubungan dengan matematika.
Model pembelajaran adalah suatu cara untuk mengarahkan siswa tentang
bagaimana belajar, bagaimana mengingat, bagaimana berfikir dan bagaimana
memotivasi diri sendiri. Reciprocal Teaching adalah suatu pendekatan pembelajaran
yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu menyimpulkan bahan
ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan
yang telah diperolehnya, kemudian memprediksikan pertanyaan selanjutnya dari
persoalan yang disodorkan kepada siswa. Umumnya aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung hanya mengikuti
perintah guru sehingga kreativitas mereka kurang berkembang secara maksimal.
Penggunaan model Reciprocal Teaching akan menjadi kesempatan bagi siswa untuk
mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya sehingga hasil belajarnya akan
meningkat sebab dalam penerapan model Reciprocal Teaching siswa dapat
menyalurkan kemampuan berpikir yang ada pada dirinya.