Show simple item record

dc.contributor.authorHolifah Muzayyanah
dc.date.accessioned2014-01-29T00:32:50Z
dc.date.available2014-01-29T00:32:50Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM070210204421
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26845
dc.description.abstractPembelajaran matematika modern menekankan pada perlunya makna (meaning), terutama dari sudut pandang materi yaitu pemusatan perhatian pada pemahaman (understanding). Pembelajaran bermakna akan membuat materi pelajaran menjadi menarik, bermanfaat dan menontang. Berdasarkan hal itu peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Kegiatan Mendaftar Kata-Kata Kunci pada Siswa Kelas IV C di SDN Sukowono 1 Jember Tahun Pelajaran 2009/2010” untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran pemecahan soal cerita operasi hitung bilangan bulat. Masalah yang ditemukan dalam pembelajaran pemecahan soal cerita ini adalah siswa mengalami kesulitan mengubah soal cerita ke dalam bentuk klimat matematika dengan benar. Hal ini disebabkan siswa kurang mampu untuk memahami kalimatkalimat dalam soal cerita yang menjadi acuan untuk menuliskan kalimat matematika guna penyelesaian soal cerita. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah : 1) membaca soal dan memikirkan hubungan antar bilangan yang ada dalam soal, 2) menuliskan kalimat matematika, 3) menyelesaikan kalimat matematika, 4) menggunakan penyelesaian untuk menjawab pertanyaan. Dengan membaca dan memikirkan hubungan antar bilangan yang ada dalam soal siswa dibimbing untuk menemukan kata-kata kunci dalam soal cerita. Kata kunci adalah kata yang memiliki point penting dan menentukan dalam sebuah wacana, biasanya berupa kata kerja/ kata benda konkret. Selanjutnya kata-kata kunci yang ditemukan didaftar pada tabel sesuai criteria operasi hitung dan bilangan bulat. Kata-kata kunci inilah yang menjadi dasar pembentukan kalimat matematika untuk penyelesaian soal cerita. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planning), penerapan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Dari pelaksanaan 2 siklus tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan mendaftar kata-kata kunci dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemecahan soal cerita operasi hitung bilangan bulat. Peningkatan siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa pada tindakan pendahuluan, siklus I dan siklus II terus mengalami peningkatan. Hasil perbandingan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70 adalah : 1) pada tindakan pendahuluan ada 19 siswa (43%), 2) pada siklus I ada 25 siswa (57%), 3) pada siklus II ada 34 siswa (77%). Perbandingan ini didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran matematika di SDN Sukowono 1 Jember yaitu jika ≥ 70% siswa mencapai nilai ≥ 70.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204421;
dc.subjectMendaftar Kata Kunci, Pemecahan Soal Ceritaen_US
dc.titlePEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KEGIATAN MENDAFTAR KATA KUNCI PADA PEMECAHAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C SDN SUKOWONO I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record