PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KEGIATAN MENDAFTAR KATA KUNCI PADA PEMECAHAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C SDN SUKOWONO I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Abstract
Pembelajaran matematika modern menekankan pada perlunya makna
(meaning), terutama dari sudut pandang materi yaitu pemusatan perhatian pada
pemahaman (understanding). Pembelajaran bermakna akan membuat materi
pelajaran menjadi menarik, bermanfaat dan menontang. Berdasarkan hal itu peneliti
melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Soal
Cerita pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Kegiatan Mendaftar Kata-Kata
Kunci pada Siswa Kelas IV C di SDN Sukowono 1 Jember Tahun Pelajaran
2009/2010” untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru
dalam pembelajaran pemecahan soal cerita operasi hitung bilangan bulat. Masalah
yang ditemukan dalam pembelajaran pemecahan soal cerita ini adalah siswa
mengalami kesulitan mengubah soal cerita ke dalam bentuk klimat matematika
dengan benar. Hal ini disebabkan siswa kurang mampu untuk memahami kalimatkalimat
dalam soal cerita yang menjadi acuan untuk menuliskan kalimat
matematika guna penyelesaian soal cerita. Langkah-langkah yang ditempuh dalam
penelitian ini adalah : 1) membaca soal dan memikirkan hubungan antar bilangan
yang ada dalam soal, 2) menuliskan kalimat matematika, 3) menyelesaikan kalimat
matematika, 4) menggunakan penyelesaian untuk menjawab pertanyaan. Dengan
membaca dan memikirkan hubungan antar bilangan yang ada dalam soal siswa
dibimbing untuk menemukan kata-kata kunci dalam soal cerita. Kata kunci adalah
kata yang memiliki point penting dan menentukan dalam sebuah wacana, biasanya
berupa kata kerja/ kata benda konkret. Selanjutnya kata-kata kunci yang ditemukan
didaftar pada tabel sesuai criteria operasi hitung dan bilangan bulat. Kata-kata kunci
inilah yang menjadi dasar pembentukan kalimat matematika untuk penyelesaian
soal cerita. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu perencanaan (planning), penerapan tindakan (action), observasi
(observation), dan refleksi (reflection). Dari pelaksanaan 2 siklus tersebut diperoleh
kesimpulan bahwa kegiatan mendaftar kata-kata kunci dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pemecahan soal cerita operasi hitung bilangan bulat.
Peningkatan siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa pada tindakan
pendahuluan, siklus I dan siklus II terus mengalami peningkatan. Hasil
perbandingan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70 adalah : 1) pada tindakan
pendahuluan ada 19 siswa (43%), 2) pada siklus I ada 25 siswa (57%), 3) pada
siklus II ada 34 siswa (77%). Perbandingan ini didasarkan pada Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) pada mata pelajaran matematika di SDN Sukowono 1 Jember
yaitu jika
≥ 70% siswa mencapai nilai ≥ 70.