Show simple item record

dc.contributor.authorIKA MARATUS SOLIKHAH
dc.date.accessioned2014-01-29T00:32:34Z
dc.date.available2014-01-29T00:32:34Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM080210274013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26844
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajarandi SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : Penelitian ini di laksanakan di SDN Mlokorejo 01 yang terdiri dari 40 siswa. 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dan dokumentasi teknis. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisistes individu.Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 14 Maret2011 untuk siklus I dan tanggal 21 Maret 2011 untuk siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mlokorejo 01 Kec.Puger Kab.Jember.Data yang di kumpulkan berupa aktifitas siswa,aktifitas guru, dan tes individu.Berdasarkan data yang telah di peroleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktifitas siswa selama pembelajaran IPS dengan menggunakan Media audio-visual dengan metode diskusi adalah: Pada siklus I prosentase hasil aktifitas siswa dengan kriteria baik sebesar 60 %,siklus II sebesar 92,5 % dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 25% siswa dengan kriteria hasil belajar kurang, 15% dengan kriteria hasil belajar cukup.Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPS pokok bahasan Mengenal Permasalahan Sosial di Daerahnya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa dalam kelompoknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274013;
dc.subjectPeningkatan belajar, Media Audio Visual, Aktifitas Belajaren_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR IPS KELAS IV SDN MLOKOREJO 01 PUGER TENTANG MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA MELALUI MEDIA AUDIO-VISUALen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record