• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR IPS KELAS IV SDN MLOKOREJO 01 PUGER TENTANG MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    A (178)x_1.pdf (1.462Mb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    IKA MARATUS SOLIKHAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajarandi SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : Penelitian ini di laksanakan di SDN Mlokorejo 01 yang terdiri dari 40 siswa. 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dan dokumentasi teknis. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisistes individu.Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 14 Maret2011 untuk siklus I dan tanggal 21 Maret 2011 untuk siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mlokorejo 01 Kec.Puger Kab.Jember.Data yang di kumpulkan berupa aktifitas siswa,aktifitas guru, dan tes individu.Berdasarkan data yang telah di peroleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktifitas siswa selama pembelajaran IPS dengan menggunakan Media audio-visual dengan metode diskusi adalah: Pada siklus I prosentase hasil aktifitas siswa dengan kriteria baik sebesar 60 %,siklus II sebesar 92,5 % dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 25% siswa dengan kriteria hasil belajar kurang, 15% dengan kriteria hasil belajar cukup.Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPS pokok bahasan Mengenal Permasalahan Sosial di Daerahnya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa dalam kelompoknya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26844
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15318]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail