Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Sirojudin
dc.date.accessioned2014-01-28T23:34:31Z
dc.date.available2014-01-28T23:34:31Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nim070210402078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26750
dc.description.abstractKumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A Navis memuat banyak nilai kehidupan, khususnya nilai pendidikan (didaktis). Dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami terdapat sepuluh judul cerpen. Kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis merupakan sebuah kumpulan cerpen yang memuat berbagai macam permasalahan kemanusiaan. Berbagai macam kehidupan dalam masyarakat seperti masalah agama, kemanusiaan, keluarga, dan eksistensi diri diangkat oleh pengarang sebagai tema dalam kumpulan cerpen ini. Nilai pendidikan merupakan bagian dari unsur ekstrinsik. makna nilai pendidikan yang diacu dalam sastra (cerpen) adalah kebaikan atau manfaat yang ada dalam makna karya sastra bagi kehidupan manusia. Keberagaman nilai pendidikan, berdasarkan dimensi kemanusiaan dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu 1) nilai kesosialan, 2) nilai kepribadian, 3) nilai kesusilaan, dan 4) nilai religius (Tirtarahardja, 2005: 21). Oleh karena itu rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah struktur cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis yang meliputi: tokoh, konflik, dan tema, serta keterjalinannya antar unsur-unsur tersebut?; (2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis?; (3) Bagaimanakah pemanfaatan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA? Melalui rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis yang meliputi: tokoh, konflik, dan tema, serta keterjalinannya antar unsur-unsur tersebut. (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis; (3) mendeskripsikan pemanfaatan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa tulisan, baik berbentuk kata-kata, kalimat, maupun paragraf. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis cetakan kelima belas yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada bulan Maret tahun 2009. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-interpretatif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa pemandu pengumpul data dan pemandu analisis data. Prosedur penelitian yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini berupa analisis intrinsik yang terdiri dari tokoh, konflik, tema, dan analisis ekstrinsik yang berupa nilai-nilai pendidikan. Keberadaan tokoh, konflik, dan tema dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A.Navis, secara garis besar menyiratkan tema kemanusiaan. Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam Kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi nilai kesosialan, nilai kepribadian, nilai kesusilaan, dan nilai religius. Nilai kesosialan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi hormat dan suka menolong. Nilai kepribadian dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi kerja keras, memaafkan, sabar, dan tanggung jawab. Nilai kesusilaan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi kasih sayang, kewaspadaan hidup, dan sadar diri. Nilai religius dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi pengakuan adanya Tuhan dan keseimbangan. Simpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian dan pembahasan adalah analisis kajian nilai-nilai pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra tingkat SMA, khususnya cerpen, untuk mencapai kompetensi dasar menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi, menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen, dan menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi pembaca dan peneliti lain yang sejenis dan pengembang ilmu sastra, kajian dalam penelitian ini sifatnya terbatas, sehingga pembaca dapat melakukan pengembangan untuk meluaskan bahasan kajian penelitian, khususnya kajian nilai; (2) Bagi Guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan alternatif materi apresiasi namun sebelumnya diharapkan untuk memahami isi cerpen, kajian teori dan memperdalam pemahaman tentang konsep sastra serta apresiasi lebih dahulu sebelum melakukan kegiatan lebih lanjut; (3) Bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, serta melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang proses kegiatan belajar mengajar untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402078;
dc.subjectNilai-Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis Dan Pemanfaatannyaen_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A.A. NAVIS dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record