• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI PLUS SUKOWONO TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (3)a_1.pdf (579.0Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Muhammad Sulung Sorere
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Upaya perbaikan terhadap permasalahan yang terjadi merupakan tujuan utama pada penelitian ini. Melalui penerapan metode Inquiry diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Plus Sukowono, dimana pada kelas X.2 terjadi permasalahan belajar.. Hal ini ditunjukkan dengan pada saat proses pembelajaran Ekonomi siswa kelas X.2 hanya duduk dan mendengarkan. Selama proses pembelajaran berlangsung guru belum banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran (teacher centered learning). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2010 – 10 Maret 2010. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.2 sebanyak 43 siswa sebagai responden penelitian yang memiliki nilai terendah dari empat kelas yang lain. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Terdapat 2 (dua) analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu data hasil observasi aspek proses yang meliputi ranah afektif dan ranah psikomotor serta data hasil tes formatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu ranah psikomotor pada siklus I sebesar 52,84 dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 72,21 dengan kategori tinggi, sedangkan ranah afektif pada siklus I sebesar 53,10 dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 73,83 dengan kategori tinggi. Dari aspek produk ranah kognitif hasil tes formatif juga menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,81% pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,05%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26749
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository