Show simple item record

dc.contributor.authorM u h H a s a n B is r i M
dc.date.accessioned2014-01-28T23:22:51Z
dc.date.available2014-01-28T23:22:51Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM080210391023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26732
dc.description.abstractAkuntansi selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit karena membutuhkan ketelitian dalam memahami materi, sedangkan alokasi waktu jam pelajaran akutansi sangat terbatas sehingga berdampak pada pembelajaran di kelas. Hal tersebut mengakibatkan kurangya interaksi antara guru dan siswa sehingga diperlukan suatu sikap kemadirian siswa dalam belajar dan gaya belajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Dengan demikian kemandirian dan gaya belajar yang sesuai sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu kemandirian dan gaya belajar kinestetik. Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama apakah kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Permasalahan yang kedua yaitu variabel, apakah diantara variabel kemandirian belajar dengan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. 2) Mengetahui variabel kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Jember. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 54 sampel dengan pertimbangan viii b a h w a j u m la h te r s e b u t s u d a h m e le b ih i j u m l a h s a m p e l m i n i m a l d a l a m p e n e li t ia n ( n = 3 0 ) . V a r i a b e l y a n g d ite liti a d a l a h k e m a n d i r i a n ( X ) , g a y a b e l a ja r k in e s te t ik ( X 2 http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ i x 1 ) , d a n h a s il b e la ja r ( Y ) . P e n g u m p u l a n d a t a m e n g g u n a k a n in s t r u m e n y a n g t e l a h te r u j i v a li d i ta s d a n r e lia b i li ta s n y a . M e to d e y a n g d ig u n a k a n a d a l a h m e t o d e a n a l i s is d e s k r i p tif d a n a n a lis i s in f e r e n s i a l . B e r d a s a r k a n h a s i l p e n e li t ia n d a n a n a li s i s d a ta , d i p e r o l e h p e r s a m a a n r e g r e s i Y = 4 , 1 9 9 + 0 , 5 3 0 X 1 + 0 , 9 6 3 X 2 + e , s e h in g g a te r d a p a t p e n g a r u h y a n g p o s i ti f d a n s ig n if ik a n a n ta r a k e m a n d ir i a n d a n g a y a b e la ja r k i n e s te t ik te r h a d a p h a s il b e l a j a r s is w a . D a r i h a s il u ji F a t a u s i m u lta n d i p e r o l e h F i h i t u n g s e b e s a r 2 7 , 5 1 3 d a n F s e b e s a r 3 , 1 8 m a k a ( 2 7 , 5 1 3 ≥ 3 , 1 8 ) y a n g b e r a r ti s ig n if ik a n d a n m e n e r i m a h i p o te s is a lte r n a t i f . H a s il p e n g u j i a n s e c a r a p a r s ia l v a r i a b e l k e m a n d ir ia n d i p e r o l e h t s e b e s a r 2 , 9 3 6 d a n t s e b e s a r 2 , 8 3 5 d a n t t a b e l t a b e l s e b e s a r 2 , 0 0 d e n g a n n il a i s ig n i f i k a n s i ( 2 , 9 3 6 ≥ 2 , 0 0 ) , t s e b e s a r 2 , 0 0 u n tu k v a r ia b e l g a y a b e la j r k in e s te t i k d e n g a n n ila i s ig n i f ik a n s i ( 2 , 8 3 5 ≥ 2 , 0 0 ) , h a l i n i b e r a r ti h i p o te s is a lte r n a t i f d i te r i m a . K o e f i s i e n d e te r m in a n R 2 s e b e s a r 5 1 , 9 % , s e d a n g k a n s i s a n y a 4 8 , 1 % d i p e n g a r u h i o l e h f a k to r la in d i l u a r p e n e lit i a n in i . B e s a r n y a k o n t r i b u s i a t a u s u m b a n g a n s e c a r a p a r s i a l m a s in g m a s in g a d a l a h 2 6 , 5 0 % u n tu k v a r i a b e l k e m a n d i r ia n d a n 2 5 , 4 2 % u n tu k v a r i a b e l g a y a b e l a j a r k in e s t e t i k . B e r d a s a r k a n h a s i l p e n e lit i a n in i j u g a d a p a t d i k e ta h u i b a h w a v a r ia b l e k e m a n d i r ia n ( X 1 ) m e r u p a k a n v a r ia b e l y a n g d o m i n a n b e r p e n g a r u h te r h a d a p h a s il b e l a j a r ( Y ) .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 8 0 2 1 0 3 9 1 0 2 3;
dc.subjectK e m a n d i r i a n , G a y a B e la ja r K in e s t e t i k , H a s il B e l a j a ren_US
dc.titleP E N G A R U H K E M A N D I R I A N D A N G A Y A B E L A J A R K I N E S T E T I K T E R H A D A P H A S I L B E L A J A R P A D A S I S W A K E L A S X I I P S S M A N A M B U L U M A T A P E L A J A R A N A K U N T A N S I P A D A S T A N D A R K O M P E T E N S I S I K L U S A K U N T A N S I P E R U S A H A A N J A S A S E M E S T E R G E N A P T A H U N A J A R A N 2 0 1 2 / 2 0 1 3en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record