• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    P E N G A R U H K E M A N D I R I A N D A N G A Y A B E L A J A R K I N E S T E T I K T E R H A D A P H A S I L B E L A J A R P A D A S I S W A K E L A S X I I P S S M A N A M B U L U M A T A P E L A J A R A N A K U N T A N S I P A D A S T A N D A R K O M P E T E N S I S I K L U S A K U N T A N S I P E R U S A H A A N J A S A S E M E S T E R G E N A P T A H U N A J A R A N 2 0 1 2 / 2 0 1 3

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (34)a_1.pdf (384.8Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    M u h H a s a n B is r i M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Akuntansi selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit karena membutuhkan ketelitian dalam memahami materi, sedangkan alokasi waktu jam pelajaran akutansi sangat terbatas sehingga berdampak pada pembelajaran di kelas. Hal tersebut mengakibatkan kurangya interaksi antara guru dan siswa sehingga diperlukan suatu sikap kemadirian siswa dalam belajar dan gaya belajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Dengan demikian kemandirian dan gaya belajar yang sesuai sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu kemandirian dan gaya belajar kinestetik. Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama apakah kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Permasalahan yang kedua yaitu variabel, apakah diantara variabel kemandirian belajar dengan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. 2) Mengetahui variabel kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Jember. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 54 sampel dengan pertimbangan viii b a h w a j u m la h te r s e b u t s u d a h m e le b ih i j u m l a h s a m p e l m i n i m a l d a l a m p e n e li t ia n ( n = 3 0 ) . V a r i a b e l y a n g d ite liti a d a l a h k e m a n d i r i a n ( X ) , g a y a b e l a ja r k in e s te t ik ( X 2 http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ i x 1 ) , d a n h a s il b e la ja r ( Y ) . P e n g u m p u l a n d a t a m e n g g u n a k a n in s t r u m e n y a n g t e l a h te r u j i v a li d i ta s d a n r e lia b i li ta s n y a . M e to d e y a n g d ig u n a k a n a d a l a h m e t o d e a n a l i s is d e s k r i p tif d a n a n a lis i s in f e r e n s i a l . B e r d a s a r k a n h a s i l p e n e li t ia n d a n a n a li s i s d a ta , d i p e r o l e h p e r s a m a a n r e g r e s i Y = 4 , 1 9 9 + 0 , 5 3 0 X 1 + 0 , 9 6 3 X 2 + e , s e h in g g a te r d a p a t p e n g a r u h y a n g p o s i ti f d a n s ig n if ik a n a n ta r a k e m a n d ir i a n d a n g a y a b e la ja r k i n e s te t ik te r h a d a p h a s il b e l a j a r s is w a . D a r i h a s il u ji F a t a u s i m u lta n d i p e r o l e h F i h i t u n g s e b e s a r 2 7 , 5 1 3 d a n F s e b e s a r 3 , 1 8 m a k a ( 2 7 , 5 1 3 ≥ 3 , 1 8 ) y a n g b e r a r ti s ig n if ik a n d a n m e n e r i m a h i p o te s is a lte r n a t i f . H a s il p e n g u j i a n s e c a r a p a r s ia l v a r i a b e l k e m a n d ir ia n d i p e r o l e h t s e b e s a r 2 , 9 3 6 d a n t s e b e s a r 2 , 8 3 5 d a n t t a b e l t a b e l s e b e s a r 2 , 0 0 d e n g a n n il a i s ig n i f i k a n s i ( 2 , 9 3 6 ≥ 2 , 0 0 ) , t s e b e s a r 2 , 0 0 u n tu k v a r ia b e l g a y a b e la j r k in e s te t i k d e n g a n n ila i s ig n i f ik a n s i ( 2 , 8 3 5 ≥ 2 , 0 0 ) , h a l i n i b e r a r ti h i p o te s is a lte r n a t i f d i te r i m a . K o e f i s i e n d e te r m in a n R 2 s e b e s a r 5 1 , 9 % , s e d a n g k a n s i s a n y a 4 8 , 1 % d i p e n g a r u h i o l e h f a k to r la in d i l u a r p e n e lit i a n in i . B e s a r n y a k o n t r i b u s i a t a u s u m b a n g a n s e c a r a p a r s i a l m a s in g m a s in g a d a l a h 2 6 , 5 0 % u n tu k v a r i a b e l k e m a n d i r ia n d a n 2 5 , 4 2 % u n tu k v a r i a b e l g a y a b e l a j a r k in e s t e t i k . B e r d a s a r k a n h a s i l p e n e lit i a n in i j u g a d a p a t d i k e ta h u i b a h w a v a r ia b l e k e m a n d i r ia n ( X 1 ) m e r u p a k a n v a r ia b e l y a n g d o m i n a n b e r p e n g a r u h te r h a d a p h a s il b e l a j a r ( Y ) .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26732
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository