• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENERAPKAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 5 TANGGUL TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (86)a_1.pdf (490.7Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Vivin Agustin Anggraini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar mengajar di sekolah cenderung terpusat pada guru sehingga siswa hanya pasif menerima materi pelajaran. Selain itu, materi pelajaran yang diberikan kepada siswa kurang dihubungkan dengan kehidupan nyata siswa dan siswa tidak aktif dalam kegiatan membangun konsep suatu materi. Sehingga kemampuan berfikir siswa tidak berkembang yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif adalah pembelajaran kontekstual dengan menerapkan investigasi kelompok. Dalam pembelajaran kontekstual terdapat tujuh komponen yaitu konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya. Pembelajaran investigasi kelompok ada enam tahapan yang dilaksanakan, yaitu seleksi topik, merencanakan kerja sama, implementasi, analisis dan sintesis, penyajian hasil akhir, evaluasi. Dalam pembelajaran matematika, sistem penilaian yang digunakan selama ini hanya menggunakan hasil tes akhir. Cara penilaian seperti ini membuat siswa lebih mementingkan hasil tes yang baik, dari pada usaha untuk memahami konsep. Hasil belajar pada penelitian ini adalah rata-rata nilai aktivitas siswa, nilai aktivitas kelompok, nilai LKS, nilai tugas rumah dan nilai tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas siswa dan aktivitas kelompok serta peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Tanggul selama pembelajaran kontekstual dengan menerapkan investigasi kelompok. Penelitian ini dilakukan di kelas IX D SMP Negeri 5 Tanggul pada tanggal 21 sampai 29 Oktober 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada siklus I belum mencapai hasil yang maksimal yaitu ratarata kelas 61,66. Rata-rata hasil belajar siswa masih kurang dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan dengan memberikan lebih banyak motivasi dan bimbingan kepada siswa yang kurang aktif, agar terjadi peningkatan keaktifan dan peningkatan hasil belajar pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan adanya perubahan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Keaktifan siswa secara individu maupun kelompok meningkat dibandingkan siklus sebelumnya. Hasil belajar dari siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,08 poin dibandingkan hasil belajar siklus II yaitu 82,04. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan menerapkan investigasi kelompok ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Tanggul pada pembelajaran sub pokok bahasan tabung dan kerucut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26701
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository