PENERAPAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP ISLAM AN-
Abstract
Teknik mengajar Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) dikembangkan
sebagai pendekatan interaktif antara siswa, pengajar, dan bahan pelajaran (Lie,
1994). Teknik ini bisa digunakan dalam pengajaran membaca, menulis,
mendengarkan, ataupun bercerita. Teknik ini menggabungkan kegiatan membaca,
menulis, mendengarkan dan berbicara. Bahan pelajaran yang palin cocok digunakan
dalam teknik ini adalah bahan yang bersifat naratif dan deskriptif. Namun, hal ini
tidak menutup kemungkinan dipakainya bahan-bahan yang lainnya. Dalam teknik
ini, guru memperhatikan skemata atau latar belakang pengalaman siswa dan
membantu siswa mengaktifkan skemata ini agar bahan pelajaran menjadi lebih
bermakna.