PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT, SISTEM PENGHARGAAN (REWARD) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur APJ Ex-Karisidenan Besuki)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Total Quality
Management, sistem penghargaan (reward) dan budaya organisasi terhadap
kinerja manajerial pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur APJ Ex-
Karisidenan Besuki. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis
data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui penyebaran
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Manajer pada PT. PLN
(Persero) Distribusi Jawa Timur APJ Ex-Karisidenan Besuki. Jumlah populasi
dalam penelitian ini sebanyak 94 manajer. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yang
memenuhi kriteria adalah sebanyak 34 manajer. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Penelitian ini
juga menggunakan Uji F untuk menguji kelayakan model dan Uji T digunakan
untuk mengetahui signifikansi dari pengaruh variabel independen secara parsial
terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
Total Quality Management, sistem penghargaan (reward) dan budaya organisasi
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial.