Show simple item record

dc.contributor.authorHandaruwiyah L N
dc.date.accessioned2014-01-28T12:09:56Z
dc.date.available2014-01-28T12:09:56Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM020210402210
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26481
dc.description.abstractBerdasarkan pengamatan dan wawancara yang dilakukan diketahui bahwa pembelajaran membaca siswa kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang yang dilaksanakan pada kurikulum sebelumnya masih berorientasi pada produk. Artinya, guru kurang memperhatikan proses membaca siswa. Permasalahan kedua yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan masih sering ditemukan beberapa siswa yang kurang baik dalam membaca. Dengan berlakunya KBK di kelas III tentunya akan mengubah pembelajaran yang biasa terjadi. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang berdasarkan KBK dan hambatan-hambatan dalam implementasi pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang berdasarkan KBK. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang berdasarkan KBK dan hambatan-hambatan dalam pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data penelitian berupa data perencanaan, data pelaksanaan, data evaluasi, dan data hambatan-hambatan dalam pembelajaran membaca yang diperoleh dari analisis RP dan silabus, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang 2006-2007. Peneliti sebagai instrumen mengumpulkan data melalui metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara dengan panduan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilaksanakan di kelas III SDN tompokersan 03 Kecamatan Lumajang sesuai KBK. Perencanaan yang dibuat guru kelas telah mencakup unsur-unsur yang terkandung dalam KBK. Pelaksanaan pembelajaran membaca melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan pendekatan CBSA dan CTL serta penggunaan beberapa metode seperti tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan kerja kelompok. Evaluasi pembelajaran membaca dilaksanakan dengan menjawab soal dan mendiskusikan bersama jawaban yang benar. Penilaian yang dilakukan guru sesuai dengan jenis keterampilannya namun tetap memperhatikan ketiga ranah yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan prosentase 90,3% untuk aspek kognitif, 3,3% untuk aspek afektif dan 6,3% untuk aspek psikomotorik. Hambatan-hambatan yang ditemui antara lain: (1) siswa kurang baik membaca, diatasi dengan memberikan tambahan waktu siswa untuk berlatih membaca; (2) faktor keberanian siswa, diatasi dengan memaksa atau mengadakan perlombaan antar siswa dengan bonus nilai; dan (3) penggunaan media pembelajaran, diatasi dengan memakai waktu pelajaran lain jika menggunakan media yang ada di luar kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210402210;
dc.subjectMEMBACA , KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSIen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN TOMPOKERSAN 03 KECAMATAN LUMAJANG BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) 2006-2007en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record