• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN TOMPOKERSAN 03 KECAMATAN LUMAJANG BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) 2006-2007

    Thumbnail
    View/Open
    A (250)x_1.pdf (158.9Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Handaruwiyah L N
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang dilakukan diketahui bahwa pembelajaran membaca siswa kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang yang dilaksanakan pada kurikulum sebelumnya masih berorientasi pada produk. Artinya, guru kurang memperhatikan proses membaca siswa. Permasalahan kedua yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan masih sering ditemukan beberapa siswa yang kurang baik dalam membaca. Dengan berlakunya KBK di kelas III tentunya akan mengubah pembelajaran yang biasa terjadi. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang berdasarkan KBK dan hambatan-hambatan dalam implementasi pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang berdasarkan KBK. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang berdasarkan KBK dan hambatan-hambatan dalam pembelajaran membaca di kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data penelitian berupa data perencanaan, data pelaksanaan, data evaluasi, dan data hambatan-hambatan dalam pembelajaran membaca yang diperoleh dari analisis RP dan silabus, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Tompokersan 03 Kecamatan Lumajang 2006-2007. Peneliti sebagai instrumen mengumpulkan data melalui metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara dengan panduan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilaksanakan di kelas III SDN tompokersan 03 Kecamatan Lumajang sesuai KBK. Perencanaan yang dibuat guru kelas telah mencakup unsur-unsur yang terkandung dalam KBK. Pelaksanaan pembelajaran membaca melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan pendekatan CBSA dan CTL serta penggunaan beberapa metode seperti tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan kerja kelompok. Evaluasi pembelajaran membaca dilaksanakan dengan menjawab soal dan mendiskusikan bersama jawaban yang benar. Penilaian yang dilakukan guru sesuai dengan jenis keterampilannya namun tetap memperhatikan ketiga ranah yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan prosentase 90,3% untuk aspek kognitif, 3,3% untuk aspek afektif dan 6,3% untuk aspek psikomotorik. Hambatan-hambatan yang ditemui antara lain: (1) siswa kurang baik membaca, diatasi dengan memberikan tambahan waktu siswa untuk berlatih membaca; (2) faktor keberanian siswa, diatasi dengan memaksa atau mengadakan perlombaan antar siswa dengan bonus nilai; dan (3) penggunaan media pembelajaran, diatasi dengan memakai waktu pelajaran lain jika menggunakan media yang ada di luar kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26481
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository