• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU ANTAR KERJA (AK 1) DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN PAMEKASAN

    Thumbnail
    View/Open
    A (206)x_1.pdf (192.0Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    FITRIYATI YUNITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seiring dengan perkembangan hidup masyarakat Indonesia yang lebih dinamis menuntut adanya peranan dari daerah untuk dapat membangun dirinya sendiri tanpa lagi harus bergantung kepada pemerintah pusat menjadi sebuah awal ditetapknnya penerapan otonomi daerah yang ada di Indonesia. Maka pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik memberikan pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara berkesinambungan, sesuai dengan perkembangan harapan publik yang menuntut untuk dilakukan peningkatan kualitas pelayanan publik.Hal tersebut sesuai dengan Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang tertera dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63/KEP/M.PAN/7/2003, tentang Hakekat Pelayanan Publik, namun kenyataan yang ada di tengah-tengah masyarakat bahwa kebijakan untuk mewujudkan sebuah birokrasi yang sempurna dan tidak berpihak dalam penyelenggaraan administrasi dan pemerintahan, ternyata dalam prakteknya banyak mengalami hambatan. Keluhan tersebut terjadi pada salah satu pelayanan yayitu pelayanan pembuatan kartu AK 1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pamekasan. Ketika jumlah pencari kerja yang sekaligus merupakan jumlah pencari kartu AK 1 mengalami peningkatan seperti pada jumlah angka pencari kerja periode Januari sampai dengan Maret di tahun 2006 mencapai 68.425 orang. Kemudian yang menjadi permasalahan adalah ketika jumlah mencapai angka yang tinggi maka pelayanan yang ada dirasa adalah pelayanan yang diberikan tidk maksimal. Hal tersebut ditunjukkkan dengan adanya antrian panjang, waktu penyelesaian yang cukup lama bahkan melebihi dari stndart penyelesaian pembuatan kartu AK 1. Hal ini yang menjadi fenomena yang begitu menarik yang perlu dibahas oleh penulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis kualitas pelayanan pembuatan Kartu AK 1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pamekasan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah service quality yakni untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalam model ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut dilihat berdasarksan lima dimensi kualitas yang langsung dapat dinilai oleh pelanggannya yaitu: Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness ), Empati (Empathy) dan Jaminan (Assurance). Adapun hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil perhitungan menggunakan model Servqual diketahui bahwa Kualitas pelayanan pembuatan kartu AK 1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pamekasan dengan skor 1,7 berarti berkualitas yang dapat dikategorikan ke dalam tingkat kualitas pelayanan yang sangat baik yang artinya kualitas pelayanan yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmirasi Kabupaten Pamekasan khususnya untuk pelayanan pembuatan Kartu Pencari Kerja Atau Kartu Antar Kerja (AK 1) dapat dipenuhi/ sesui dengan apa yang dirasakan/dipersepsika oleh pelanggan/pemohon.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26460
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository