Show simple item record

dc.contributor.authorAna Yunia Rita
dc.date.accessioned2014-01-28T09:09:10Z
dc.date.available2014-01-28T09:09:10Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM010210301187
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26410
dc.description.abstractMetode pembelajaran kooperatif menurut Lie (2005:8), merupakan suatu alternatif menarik dalam memecahkan beberapa masalah yang dihadapi, dalam upaya mengaktifkan siswa dalam belajar. Salah satu metode kooperatif paling sederhana adalah STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) melihat adakah perbedaan hasil belajar siswa yang antara kelas yang diajar menggunakan metode STAD dan kelas yang diajar dengan metode ceramah pada pokok bahasan permintaan, (2) melihat seberapa besar efektifitas penggunaaan metode STAD pada pokok bahasan permintaan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB dan VIIID semester ganjil di SMP Negeri 1 Ambulu tahun ajaran 2007-2008. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan Uji t dan Uji efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa (afektif dan kognitif) yang diajar dengan menggunakan metode STAD dan metode ceramah. Besar efektivitas relatif dari penggunaan metode STAD terhadap hasil belajar tergolong efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan penggunaan metode ceramah tergolong cukup efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010210301187;
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Metode STAD dan metode ceramahen_US
dc.titleSTUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE CERAMAH DAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN EKONOMIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record