STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE CERAMAH DAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
Metode pembelajaran kooperatif menurut Lie (2005:8), merupakan suatu
alternatif menarik dalam memecahkan beberapa masalah yang dihadapi, dalam
upaya mengaktifkan siswa dalam belajar. Salah satu metode kooperatif paling
sederhana adalah STAD.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1)
melihat adakah perbedaan hasil belajar siswa yang antara kelas yang diajar
menggunakan metode STAD dan kelas yang diajar dengan metode ceramah pada
pokok bahasan permintaan, (2) melihat seberapa besar efektifitas penggunaaan
metode STAD pada pokok bahasan permintaan terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB dan VIIID semester ganjil di SMP Negeri 1
Ambulu tahun ajaran 2007-2008. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data tersebut dianalisis
menggunakan Uji t dan Uji efektivitas relatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa (afektif dan kognitif) yang diajar dengan menggunakan
metode STAD dan metode ceramah. Besar efektivitas relatif dari penggunaan metode
STAD terhadap hasil belajar tergolong efektif dalam rangka meningkatkan hasil
belajar siswa, sedangkan penggunaan metode ceramah tergolong cukup efektif dalam
rangka meningkatkan hasil belajar siswa.