FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
luas pengungkapan corporate social responsibility. Sampel pada penelitian ini adalah
perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia mulai tahun 2008
sampai 2010. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan
dikumpulkan melalui metode Purposive Sampling dan metode analisis data
menggunakan program IBM SPSS 19 (Statistical Package for the Social Sciences)
yaitu dengan melakukan analisis regresi linier berganda, uji R, uji F, dan Uji t.
Berdasarkan uji yang sudah dilakukan diketahui bahwa variabel ukuran perusahaan
(SIZE) dan leverage (DER) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap luas
pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan Umur Perusahaan (AGE)
dan Profitabilitas (NPM) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap luas
pengungkapan corporate social responsibility.