PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C PADA SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI SMP NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG TAHUN AJARAN
Abstract
Pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran
yang bertujuan untuk memotivasi siswa agar saling mendukung dan membantu satu
sama lain dalam menguasai kemampuan yang diajarkan. Hasil wawancara dengan
guru SMP Negeri 3 Peterongan Jombang menunjukkan bahwa guru biasanya
menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sub pokok bahasan segitiga dan
segiempat kelas VII C SMP Negeri 3 Peterongan Jombang tahun ajaran 2011/2012;
(2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD sub
pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII C SMP Negeri 3 Peterongan
Jombang tahun ajaran 2011/2012; (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran kooperatif tipe STAD sub pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas
VII C SMP Negeri 3 Peterongan Jombang tahun ajaran 2011/2012.