dc.description.abstract | Pengenalan geometri di SD mempunyai tujuan untuk memberi kesempatan
pada siswa untuk menganalisis lebih jauh tentang dunia tempat hidupnya, serta
memberikan landasan sejak dini berupa konsep-konsep dasar dan peristilahan yang
diperlukan untuk meningkatkan hasil belajarnya.
Penerapan fase-fase pembelajaran Van Hiele pada materi geometri sesuai
dengan perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri karena fase-fase
pembelajaran Van Hiele menunjukkan aktivitas siswa pada setiap fase dan peran guru
dalam pembelajaran.
Menurut teori Van Hiele anak akan melalui lima tingkatan pemahaman dalam
belajar geometri. Lima tingkatan tersebut adalah tingkat 0 (Visualisasi/Pemahaman),
tingkat 1 (Analisis/Deskriptif), tingkat 2 (Deduksi Informal/Abstraksi), tingkat 3
(Deduksi), tingkat 4 (Rigor). Untuk menguasai suatu tingkat ke tingkat berikutnya,
Van Hiele mengusulkan lima fase pembelajaran yang menunjukkan tujuan belajar
siswa dan peran guru dalam pembelajaran, diantaranya yaitu fase informasi, fase
orientasi, fase eksplisitasi, fase orientasi bebas, fase integrasi. Berdasarkan uraian di
atas, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan fase-fase
pembelajaran Van Hiele pada materi luas layang-layang dan trapesium, (2) untuk
mengetahui aktivitas belajar siswa, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa. | en_US |