• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN FASE-FASE PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS LAYANG-LAYANG DAN TRAPESIUM PADA SISWA KELAS V SDN TEGALSARI 03 AMBULU JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-diahanggra-4036-1-diahang-pa_1.pdf (364.4Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Diah Anggraini Purwaningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengenalan geometri di SD mempunyai tujuan untuk memberi kesempatan pada siswa untuk menganalisis lebih jauh tentang dunia tempat hidupnya, serta memberikan landasan sejak dini berupa konsep-konsep dasar dan peristilahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil belajarnya. Penerapan fase-fase pembelajaran Van Hiele pada materi geometri sesuai dengan perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri karena fase-fase pembelajaran Van Hiele menunjukkan aktivitas siswa pada setiap fase dan peran guru dalam pembelajaran. Menurut teori Van Hiele anak akan melalui lima tingkatan pemahaman dalam belajar geometri. Lima tingkatan tersebut adalah tingkat 0 (Visualisasi/Pemahaman), tingkat 1 (Analisis/Deskriptif), tingkat 2 (Deduksi Informal/Abstraksi), tingkat 3 (Deduksi), tingkat 4 (Rigor). Untuk menguasai suatu tingkat ke tingkat berikutnya, Van Hiele mengusulkan lima fase pembelajaran yang menunjukkan tujuan belajar siswa dan peran guru dalam pembelajaran, diantaranya yaitu fase informasi, fase orientasi, fase eksplisitasi, fase orientasi bebas, fase integrasi. Berdasarkan uraian di atas, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan fase-fase pembelajaran Van Hiele pada materi luas layang-layang dan trapesium, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26279
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository