• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENYEDIAAN FASILITAS BELAJAR ANAK DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Yosowilangun Tahun Ajaran 2008/2009)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-dhiyahdwia-7049-1-dhiyahd-ia_1.pdf (524.2Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    DHIYAH DWI ARIMAMI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar anak di rumah tidak lepas dari peranana orang tua sebagai pihak yang turut bertangggung jawab atas masa depan mereka. Untuk itu orang tua diharapkan mampu memenuhi kebutuhan anak yang berkaitan dengan keberhasilan pendidikan anaknya terutama dalam pemenuhan fasilitas belajar di rumah. Selain fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar siswa juga dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar. Fasilitas belajar dan motivasi belajar merupakan dua hal yang sangat mendukung dalam pencapaian tujuan belajar, yaitu mendapatkan prestasi yang baik. Oleh karena itu perlu adanya pemenuhan fasilitas belajar yang diperlukan anak dalam proses belajarnya, serta motivasi yang timbul dalam diri seorang anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penyediaan fasilitas belajar anak di rumah dan motivasi belajar prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yosowilangun semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu SMP Negeri 1 Yosowilangun kelas VII semester ganjil. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proposional random sampling sebanyak 74 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyediaan fasilitas belajar anak di rumah dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26248
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository