KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI POLA SEBAB-AKIBAT SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 JEMBER
Abstract
Menulis paragraf argumentasi pola sebab-akibat merupakan keterampilan yang
harus dikuasai oleh siswa. Hal ini dikarenakan keterampilan tersebut merupakan
dasar fundamental dalam ilmu pengetahuan. Dengan berargumentasi sebab-akibat
siswa mampu menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan yang kritis dan
logis. Penuangan ide atau gagasan argumentasi pola sebab-akibat dapat dituangkan
dengan 3 bentuk yakni sebab ke akibat, akibat ke sebab dan akibat ke akibat.
Permasalahan yang dikaji terdiri atas 2 yaitu: 1) bagaimanakah kemampuan siswa
dalam mendaftar gagasan-gagasan pokok untuk dituangkan dalam bentuk paragraf
argumentasi pola sebab-akibat, 2) bagaimanakah kemampuan siswa dalam
mengembangkan gagasan-gagasan pokok paragraf argumentasi dengan pola
pengembangan sebab-akibat. Tujuan penelitian yaitu: 1) mendeskripsikan
kemampuan siswa dalam mendaftar gagasan-gagasan pokok untuk dituangkan dalam
bentuk paragraf argumentasi pola sebab-akibat, 2) mendeskripsikan kemampuan
siswa dalam mengembangkan gagasan-gagasan pokok paragraf argumentasi dengan
pola pengembangan sebab-akibat.