Show simple item record

dc.contributor.authorBeni Ari Wibowo
dc.date.accessioned2014-01-28T03:37:56Z
dc.date.available2014-01-28T03:37:56Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM050210101338
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26153
dc.description.abstractPenerapan pembelajaran matematika realistik pada penelitian ini diawali menumbuhkan minat siswa dengan melakukan tanya jawab mengenai contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan trapesium dan layang-layang yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian permasalahan mengenai materi tersebut. Permasalahan tersebut tertuang di dalam LKS yang telah disiapkan. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi oleh siswa. Setelah presentasi dilaksanakan maka guru membuat kesimpulan dan menjelaskan bagaimana penyelesaian permasalahan tersebut. Pembelajaran ini berlangsung dua siklus, yakni pembelajaran I pada siklus I dan pembelajaran II pada siklus II dimana keduanya memiliki persamaan dalam metode namun berbeda dalam materi pembelajaran. Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II pada tanggal 24 Mei -03 Juni 2010, diperoleh hasil bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 77,63% dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 89,33% dengan kategori baik. Untuk aktivitas guru, juga terjadi peningkatan dari 80,95% (baik) pada siklus I menjadi 95,23% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan untuk persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 68 % dan terdapat 8 siswa yang belum tuntas secara individu dari 25 siswa yang mengikuti tes, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 80 % dan terdapat 5 siswa yang belum tuntas secara individudari 25 siswa yang mengikuti tes. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika realistik ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Ummul Quro Glenmore Banyuwangi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101338;
dc.subjectMatematika Realistik, Bahasan Luas Trapesium dan Layang-Layang, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP MTs UMMUL QURO GLENMORE BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record