• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP MTs UMMUL QURO GLENMORE BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (214)S_1.pdf (394.3Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Beni Ari Wibowo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pembelajaran matematika realistik pada penelitian ini diawali menumbuhkan minat siswa dengan melakukan tanya jawab mengenai contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan trapesium dan layang-layang yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian permasalahan mengenai materi tersebut. Permasalahan tersebut tertuang di dalam LKS yang telah disiapkan. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi oleh siswa. Setelah presentasi dilaksanakan maka guru membuat kesimpulan dan menjelaskan bagaimana penyelesaian permasalahan tersebut. Pembelajaran ini berlangsung dua siklus, yakni pembelajaran I pada siklus I dan pembelajaran II pada siklus II dimana keduanya memiliki persamaan dalam metode namun berbeda dalam materi pembelajaran. Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II pada tanggal 24 Mei -03 Juni 2010, diperoleh hasil bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 77,63% dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 89,33% dengan kategori baik. Untuk aktivitas guru, juga terjadi peningkatan dari 80,95% (baik) pada siklus I menjadi 95,23% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan untuk persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 68 % dan terdapat 8 siswa yang belum tuntas secara individu dari 25 siswa yang mengikuti tes, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 80 % dan terdapat 5 siswa yang belum tuntas secara individudari 25 siswa yang mengikuti tes. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika realistik ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Ummul Quro Glenmore Banyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26153
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository