• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI TIPE COOPERATIVECOOPERATIVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI SUGER KIDUL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    S_S (196)S_1.pdf (664.7Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    BAYU SETIAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Suger Kidul 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2012 sampai 9 Juni 2012. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) pada pokok bahasan pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Motivasi siswa mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase motivasi siswa adalah 78% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,1% pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,57% dan meningkat sebesar 85,71% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Co-Op Co-Op dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) sebaiknya guru menyiapkan perangkat pembelajaran dengan cermat terutama dalam pembuatan LKS sehingga dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26148
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail