PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI TIPE COOPERATIVECOOPERATIVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI SUGER KIDUL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Suger Kidul 01 Jember tahun
pelajaran 2011/2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas IV yang
berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan
tes.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2012 sampai 9 Juni 2012.
Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran
kooperatif tipe Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) pada pokok bahasan pokok
bahasan masalah sosial di lingkungan setempat terlaksana dengan lancar dan terdapat
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus.
Motivasi siswa mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya.
Persentase motivasi siswa adalah 78% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,1%
pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,57%
dan meningkat sebesar 85,71% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Co-Op Co-Op dapat
meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
Dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) sebaiknya guru menyiapkan perangkat
pembelajaran dengan cermat terutama dalam pembuatan LKS sehingga dapat
mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.