• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Head Together (NHT) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN 03 TAPANREJO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-dhevysesha-6221-1-dhevyse-ia_1.pdf (329.0Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Dhevy Seshanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diajarkan di semua jenjang pendidikan termasuk di SD. Tujuan diajarkannya bahasa Indonesia di sekolah dasar adalah untuk mengembangkan keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Keterampilan berbahasa yang diajarkan dalam jenjang pendidikan terdiri atas empat aspek : keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Materi pembelajaran bahasa Indonesia dalam pengajaran dikelompokkan dalam unit-unit materi yang terdiri atas empat aspek : menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Aspek-aspek ini sebagai pusat pembelajaran, sehingga dalam penyajiannya saling terkait antara keempat aspek tersebut (Tim LP2IP, 2004:3). Seorang siswa tidak akan terlepas dari keempat aspek tersebut. Menulis dan membaca adalah kegiatan berbahasa tulis. Pesan yang disampaikan penulis dan diterima oleh pembaca dijembatani melalui lambang bahasa yang dituliskan. Menurut Goodman dkk, (1987:87) dan tierney (dalam Tompskin, 1995:19), baca tulis merupakan suatu kegiatan yang menjadikan penulis sebagai pembaca dan pembaca sebagai penulis. Penulis sebagai pembaca artinya, ketika aktivitas menulis berlangsung si penulis membaca karangannya. Ia membayangkan dirinya sebagai pembaca untuk melihat dan menilai apakah tulisannya telah menyajikan sesuatu yang berarti, apakah ada yang tidak layak saji, serta apakah tulisanya menarik dan mudah dibaca. Pembaca sebagai penulis artinya, ketika berlangsung kegiatan membaca, pembaca melakukan aktivitas seperti yang dilakukan penulis. Pembaca menemukan topik dan tujuan tulisan serta mengorganisasikan bacaan. Dia menganalisis bacaan dengan membayangkan apa yang dimaksudkan dan diinginkan penulisnya sehingga pesan yang penulis sampaikan dapat ditangkap dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26134
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository