PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SEMESTER GENAP SDN WONOREJO 02 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan motivasi
dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peningkatan persentase motivasi belajar
siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,18%, sedangan peningkatan persentase hasil
belajar sebesar 8,83% dan ketuntasannya sebesar 41,18%. Oleh karena itu penelitian di
SDN Wonorejo 02 Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo tuntas. Beberapa
saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan media gambar, sebaiknya guru
terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran,
siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi
masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas.