Show simple item record

dc.contributor.authorBAIQ ABDITYA ROHAINULLAH
dc.date.accessioned2014-01-28T02:55:04Z
dc.date.available2014-01-28T02:55:04Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM080210204041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26080
dc.description.abstractDesain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan model spiral dari Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi sedangkan analisis data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes pada akhir pertemuan Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan menggunakan video pembelajaran aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 mengalami peningkatan. Setelah dipresentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,70% meningkat menjadi 77,71% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52,78% mengalami peningkatan sebesar 36,11% pada siklus II menjadi 88,89%. Dari hasil penelitian, dirumuskan beberapa saran diantaranya: 1) Bagi guru SD, agar dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran lain yang dianggap cocok sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran; 2) Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dengan permasalahan lain yang nantinya diharapkan penelitian lain mampu memperbaiki dan melengkapi segala kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204041;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Media Videoen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN JEMBER LOR 02 MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record