dc.description.abstract | Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas
dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
model spiral dari Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari empat fase
meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa
36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara,
tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa data deskriptif
kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi sedangkan analisis data kuantitatif yaitu
data yang diperoleh dari hasil tes pada akhir pertemuan
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran IPS pokok bahasan
Perkembangan Teknologi melalui model Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) dengan menggunakan video pembelajaran aktivitas belajar
siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 mengalami
peningkatan. Setelah dipresentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,70%
meningkat menjadi 77,71% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar
52,78% mengalami peningkatan sebesar 36,11% pada siklus II menjadi 88,89%.
Dari hasil penelitian, dirumuskan beberapa saran diantaranya: 1) Bagi guru
SD, agar dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran lain yang
dianggap cocok sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran; 2) Bagi peneliti
lain, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian yang
sejenis dengan permasalahan lain yang nantinya diharapkan penelitian lain mampu
memperbaiki dan melengkapi segala kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini. | en_US |