• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN JEMBER LOR 02 MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (143)S_1.pdf (356.8Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    BAIQ ABDITYA ROHAINULLAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan model spiral dari Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi sedangkan analisis data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes pada akhir pertemuan Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan menggunakan video pembelajaran aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 mengalami peningkatan. Setelah dipresentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,70% meningkat menjadi 77,71% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52,78% mengalami peningkatan sebesar 36,11% pada siklus II menjadi 88,89%. Dari hasil penelitian, dirumuskan beberapa saran diantaranya: 1) Bagi guru SD, agar dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran lain yang dianggap cocok sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran; 2) Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dengan permasalahan lain yang nantinya diharapkan penelitian lain mampu memperbaiki dan melengkapi segala kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26080
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository