PENGARUH JADWAL MATA PELAJARAN OLAHRAGA DENGAN FAKTOR-FAKTOR LAIN TERHADAP KETIDAKELITIAN SISWA DI SMAN 2 JEMBER
Abstract
ABSTRAK
Olahraga adalah serangkaian gerak raga, teratur dan terencana yang dilakukan
dengan sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Penelitian ini
bertujuan mengetahui pengaruh jadwal mata pelajaran olahraga dan faktor-faktor
lain terhadap ketidaktelitian siswa. Uji ketidaktelitian siswa menggunakan
Bourdon wiersma test dan kuesioner kelelahan pada kelompok siswa setelah
jadwal olahraga dan pada kelompok siswa tanpa jadwal olahraga di kelas yang
sama. Sampel yang diambil adalah seluruh kelas X dan XI dan memiliki jadwal
mata pelajaran olahraga pada jam ke 3 dan ke 4, yaitu kelas X (X1 dan X7) dan
XI (XI IPA 2 dan XI IPS 2) dengan jumlah sampel adalah 129 siswa. Data hasil
penelitian menunjukkan peningkatan skor ketidaktelitian pada kelompok setelah
jadwal olahraga dibandingkan pada kelompok tanpa jadwal olahraga. Pada
penelitian menggunakan kuesioner kelelahan didapatkan kelompok siswa yang
sarapan nasi/roti mempunyai ketelitian lebih baik dibandingkan kelompok siswa
tidak sarapan atau minum susu saja. Pada letak tempat duduk didapatkan siswa
yang duduk pada baris depan mempunyai ketelitian lebih baik dibandingkan siswa
yang duduk di belakang. Pada kendaraan yang digunakan tidak memiliki pengaruh
terhadap skor ketidaktelitian. Sehingga dapat disimpulkan jadwal olahraga
mempunyai pengaruh terhadap skor ketidaktelitian. Pada kelompok tanpa jadwal
olahraga memiliki ketelitian yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok
setelah jadwal olahraga.
Collections
- UT-Faculty of Medical [1487]