Show simple item record

dc.contributor.authorFADHILATUL MASLUKHAH
dc.date.accessioned2014-01-28T02:41:59Z
dc.date.available2014-01-28T02:41:59Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM050210191081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26056
dc.description.abstractBerkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ini membuat fungsi dan keberadaan matematika memegang peranan yang sangat penting baik aspek terapan maupun penalarannya. Oleh sebab itu, paradigma pendidikan matematika menghendaki dilakukannya inovasi yang terintegrasi dan berkesinambungan. Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk peningkatan kualitas pendidikan matematika. Berbagai pembaruan dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan misalnya penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas metode pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maka perlu dilakukan suatu model pembelajaran yang lain, dalam hal ini model yang digunakan dalam pembelajaran adalah model Gal’perin dengan pendekatan Contextual Theaching and Learning (CTL), agar materi matematika yang diberikan dapat mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran gal’perin dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII semester gasal SMP Bustanul Makmur Genteng tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bustanul Makmur Genteng yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Untuk pengambilan sampel, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dengan menggunakan hasil ulangan materi sebelumnya yaitu aljabar. Dari analisis varian ke empat kelas tersebut dinyatakan homogen, maka diambil 2 kelas sebagai sampel atau objek penelitian dengan tehnik undian. Berdasarkan hasil undian didapat kelas VII B dan VII D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan analisis SPSS 14 for windows. Berdasarkan analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang berarti pada tingkat signifikansi 5% dengan nilai t hitung sebesar 2,065 dan t sebesar 1,761. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Gal’Perin dngan pendekatan CTL dengan Pembelajaran Ekspositori. tabelen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191081;
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Gal’Perin dengan tabel pendekatan CTL, Model Pembelajaran ekspositori.en_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR ARITMETIKA SOSIAL ANTARA SISWAYANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GAL’PERIN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN EKSPOSITORI DI KELAS VII SEMESTER GASAL SMP BUSTANUL MAKMUR GENTENG TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record