• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ARITMETIKA SOSIAL ANTARA SISWAYANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GAL’PERIN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN EKSPOSITORI DI KELAS VII SEMESTER GASAL SMP BUSTANUL MAKMUR GENTENG TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (157)a_1.pdf (456.1Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    FADHILATUL MASLUKHAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ini membuat fungsi dan keberadaan matematika memegang peranan yang sangat penting baik aspek terapan maupun penalarannya. Oleh sebab itu, paradigma pendidikan matematika menghendaki dilakukannya inovasi yang terintegrasi dan berkesinambungan. Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk peningkatan kualitas pendidikan matematika. Berbagai pembaruan dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan misalnya penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas metode pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maka perlu dilakukan suatu model pembelajaran yang lain, dalam hal ini model yang digunakan dalam pembelajaran adalah model Gal’perin dengan pendekatan Contextual Theaching and Learning (CTL), agar materi matematika yang diberikan dapat mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran gal’perin dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII semester gasal SMP Bustanul Makmur Genteng tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bustanul Makmur Genteng yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Untuk pengambilan sampel, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dengan menggunakan hasil ulangan materi sebelumnya yaitu aljabar. Dari analisis varian ke empat kelas tersebut dinyatakan homogen, maka diambil 2 kelas sebagai sampel atau objek penelitian dengan tehnik undian. Berdasarkan hasil undian didapat kelas VII B dan VII D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan analisis SPSS 14 for windows. Berdasarkan analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang berarti pada tingkat signifikansi 5% dengan nilai t hitung sebesar 2,065 dan t sebesar 1,761. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Gal’Perin dngan pendekatan CTL dengan Pembelajaran Ekspositori. tabel
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26056
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository