• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MANGLI 04 JEMBER SEMESTER GENAP 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (206)xx_1.pdf (685.4Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Rita Atul Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS dewasa ini sering dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik dan membosankan bahkan pada umumnya nilai mata pelajaran IPS kurang memuaskan. Hal ini terbukti dari observasi awal peneliti dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN Mangli 04 Jember, menemukan fakta bahwa masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPS. Itu disebabkan karena guru dalam pembelajaran di kelas hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan yang monoton sehingga membuat siswa jenuh dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peta konsep merupakan cara paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak, dan untuk mengambil informasi dari otak. Cara belajar menggunakan bantuan peta konsep merupakan cara untuk meningkatkan hasil belajar. Selain itu peta konsep dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran yang diperoleh karena tidak hanya sekedar hafalan, melainkan betul-betul mengidentifikasikan konsep yang diperoleh. Berdasarkan alasan yang dikemukakan penelitian ini mengangkat permasalahan 1) Bagaimanakah penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember? 2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember? 3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember 2) Untuk menganalisis peningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember 3) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangli 04 Jember, subjek penelitian adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Pada siklus I, data yang diperoleh pada aktivitas siswa secara klasikal mencapai 62%, aktivitas guru 61,53% dan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Pada siklus II aktivitas siswa 71,66%, aktivitas guru 84,61% dan ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan analisis data ketuntasan belajar siklus I dan siklus II, maka siswa kelas IV telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus II dengan perolehan persentase sebesar 84%. Karena kelas dikatakan tuntas belajar jika terdapat minimal 70% siswa yang mencapai skor ≥60. Kesimpulan penelitian ini adalah peta konsep dapat diterapkan pada siswa kelas IV SDN Mangli 04 Jember. Terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari kategori cukup aktif menjadi aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa pada pokok bahasan masalah-masalah sosial hingga dapat memenuhi SKM yang ditetapkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26055
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository