PENERAPAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MANGLI 04 JEMBER SEMESTER GENAP 2009/2010
Abstract
Pembelajaran IPS dewasa ini sering dianggap sebagai pelajaran yang kurang
menarik dan membosankan bahkan pada umumnya nilai mata pelajaran IPS kurang
memuaskan. Hal ini terbukti dari observasi awal peneliti dalam proses pembelajaran
IPS di kelas IV SDN Mangli 04 Jember, menemukan fakta bahwa masih banyak
siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPS. Itu
disebabkan karena guru dalam pembelajaran di kelas hanya menggunakan metode
ceramah dan penugasan yang monoton sehingga membuat siswa jenuh dan tidak
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peta konsep merupakan cara
paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak, dan untuk mengambil
informasi dari otak. Cara belajar menggunakan bantuan peta konsep merupakan cara
untuk meningkatkan hasil belajar. Selain itu peta konsep dapat membantu siswa
untuk memahami materi pelajaran yang diperoleh karena tidak hanya sekedar hafalan,
melainkan betul-betul mengidentifikasikan konsep yang diperoleh.
Berdasarkan alasan yang dikemukakan penelitian ini mengangkat
permasalahan 1) Bagaimanakah penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember? 2)
Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan peta konsep
dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN
Mangli 04 Jember? 3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui
penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah
sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN Mangli 04 Jember 2) Untuk
menganalisis peningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan peta konsep
dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV SDN
Mangli 04 Jember 3) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan peta
konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial kelas IV
SDN Mangli 04 Jember.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengambilan
data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangli 04 Jember, subjek penelitian
adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 26 siswa yang terdiri
dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian
aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu.
Pada siklus I, data yang diperoleh pada aktivitas siswa secara klasikal
mencapai 62%, aktivitas guru 61,53% dan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Pada
siklus II aktivitas siswa 71,66%, aktivitas guru 84,61% dan ketuntasan klasikal 84%.
Berdasarkan analisis data ketuntasan belajar siklus I dan siklus II, maka siswa kelas
IV telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus II dengan perolehan persentase
sebesar 84%. Karena kelas dikatakan tuntas belajar jika terdapat minimal 70% siswa
yang mencapai skor ≥60.
Kesimpulan penelitian ini adalah peta konsep dapat diterapkan pada siswa
kelas IV SDN Mangli 04 Jember. Terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas
belajar siswa dari kategori cukup aktif menjadi aktif. Peningkatan juga terjadi pada
hasil belajar siswa pada pokok bahasan masalah-masalah sosial hingga dapat
memenuhi SKM yang ditetapkan.