• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET DI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN SMK NEGERI 4 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (247)_1.pdf (1.880Mb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Bhilkis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ontextual Teaching and Learning (CTL) atau disebut secara lengkap dengan Sistem Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan menolong para siswa melihat makna di dalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Pembelajaran matematika berkarakter dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam materi barisan dan deret dipilih peneliti dengan beberapa pertimbangan, yaitu : melalui wawancara terhadap guru bidang studi matematika bahwa materi barisan dan deret sering kali dirasa sulit oleh siswa, siswa kurang bisa memahami materi barisan dan deret apabila tidak dibantu dengan cara mengaitkan konsep dengan pengetahuan yang mereka miliki dengan kehidupan sehari-hari. alah satu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berkarakter dengan pendekatan contextual teaching and learning, maka jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan terdiridari empat tahap yang dikenal dengan model 4-D (four D Model). Keempat tahap tesebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi: RPP, LKS, dan THB yaitu pada pokok bahasan barisan dan deret. Apabila persentase kevalidan menunjukkan: 1) kualifikasi tinggi atau sangat tinggi, maka tidak perlu dilakukan revisi dan tidak perlu dilakukan validasi kembali; 2) kualifikasi cukup, maka perlu dilakukan revisi kecil dan tidak perlu dilakukan validasi kembali; 3) kualifikasi rendah atau sangat rendah, maka perlu dilakukan revisi besar dan perlu dilakukan validasi kembali.pabila persentase keefisienan menunjukkan:1) kualifikasi tinggi atau sangat tinggi, maka tidak perlu dilakukan revisi dan tidak perlu dilakukan uji coba kembali; 2) kualifikasi cukup, maka perlu dilakukan revisi kecil dan tidak perlu dilakukan uji coba kembali; 3) kualifikasi rendah atau sangat rendah, maka perlu dilakukan revisi besar dan perlu dilakukan uji coba kembali. a) perangkat pembelajaran dinilai efisien jika kemampuan guru mengelola pembelajaran dikategorikan baik, dan aktifitas siswa dikategorikan baik b) pembelajaran dikatakan efektif jika: respon siswa terhadap pembelajaran bernilai positif dan tes hasil belajar secara umum dikategorikan valid, realiabel, dan sensitif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26044
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository