dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Bimbingan Orang Tua
Dan Pemilihan jurusan IPS sacara simultan dan secara parsial terhadap Prestasi
Belajar siswa SMAN 1 Situbondo kelas XI IPS semester genap tahun ajaran
2008/2009. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan
penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan jumlah responden
adalah sebanyak 54 siswa yang pengambilannya menggunakan tehnik populasi.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode angket, wawancara,
dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis
regresi linear berganda, analisis varians garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan variabel bimbingan orang tua dan penentuan pemilihan jurusan IPS
mempunyai pengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran
ekonomi. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan F hitung > F tabel yaitu 73,333 >
3,168 dengan tingkat = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel bimbingan
orang tua dan variabel pemilihan jurusan IPS secara simultan mempengaruhi prestasi
belajar siswa sebesar 74,1%. Proporsi sumbangan masing-masing variabel bebas
terhadap variabel terikat yaitu, untuk variabel bimbingan orang tua (X1) sebesar
33,63% sedangkan penentuan pemilihan jurusan IPS (X2) sebesar 40,542%. Hasil
perhitungan tersebut menunjukkan bahwa dari dua variabel bebas tersebut terbukti
bahwa variabel bebas penentuan pemilihan jurusan IPS (X2) mempunyai pengaruh
paling dominan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. | en_US |