Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Bilangan pada Siswa Kelas II SDN Kalawining 01 Tahun Pelajaran 2011/2012
Abstract
Pelajaran matematika selama ini masih menjadi mata pelajaran yang
dianggap suli bagi siswa. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ini sangat
rendah karena siswa merasa jenuh dengan pelajaran matematika. Di sisi lain
pembelajaran matematika masih didominasi oleh guru sehingga aktivitas siswa di
dalam kelas masih kurang. Kondisi ini tentunya merupakan permasalahan serius.
Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah memahami konsep
matematika merupakan tujuan yang harus dicapai terlebih dahulu agar tujuan
berikutnya lebih mudah tercapai. Pada aspek bilangan terdapat konsep perkalian
bilangan cacah yang harus dipahami oleh siswa sekolah dasar kelas II. Untuk
mencapai pemahaman konsep perkalian bukanlah hal yang mudah. Hingga saat ini
banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran
perkalian. Hal ini akan menimbulkan masalah jika tidak segera dicari alternative
pemecahannya, karena dalam pembelajaran matematika ada sebagian materi yang
saling terkait, sehingga jika ada materi yang belum dimengerti akan mengganggu
proses pembelajaran selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui
bagaimana aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan teori
Bruner pada perkalian bilangan; (2) untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar
siswa dengan menerapkan teori Bruner pada perkalian bilangan.