Show simple item record

dc.contributor.authorTriyanti Mandasari
dc.date.accessioned2014-01-28T01:27:42Z
dc.date.available2014-01-28T01:27:42Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM030210102365
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25918
dc.description.abstractRINGKASAN Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif melalui Tugas Analisis Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika di SMA; Triyanti Mandasari, 030210102365; 2009:43 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan. Model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan adalah pola pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan konsep fisika dengan cara mengajak siswa untuk aktif, kreatif dalam menyelesaikan tugas berupa permasalahan sehari-hari yang sering ditemukan di lingkungan sekitar yang diselesaikan secara kooperatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan?; (2) bagaimanakah retensi hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan?; (3) apakah model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan efektif diterapkan dalam pembelajarn fisika?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji aktivitas siswa, retensi hasil belajar fisika siswa, dan efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian “bagian Research and Development”. Populasi penelitian adalah siswa SMA yang belajar fisika. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1, X-2, dan X-6 SMA Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari pre-test, perlakuan, post-test, refleksi dan diakhiri dengan tes tunda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan: (1) persentase aktivitas untuk vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id mengkaji aktivitas siswa selama PBM kemudian mendeskripsikannya; (2) uji retensi untuk mengkaji retensi hasil belajar setelah belajar; (3) uji efektifitas untuk mengkaji efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan untuk ketiga kelas pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori baik, terutama komponen keaktifan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru dan diskusi kelompok. Komponen keaktifan siswa dalam diskusi kelas, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan tergolong tidak baik. (2) Retensi hasil belajar fisika untuk ketiga kelas pada setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan tergolong kuat. (3) Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan untuk ketiga kelas pada siklus I tergolong efektif, pada siklus II dan siklus III tergolong sangat efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210102365;
dc.subjectModel Pembelajaran Kreatifen_US
dc.titleModel Pembelajaran Kreatif dan Produktif melalui Tugas Analisis Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika di SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record