Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif melalui Tugas Analisis Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika di SMA
Abstract
RINGKASAN
Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif melalui Tugas Analisis Lingkungan
dalam Pembelajaran Fisika di SMA; Triyanti Mandasari, 030210102365; 2009:43
halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kreatif
dan produktif melalui tugas analisis lingkungan. Model pembelajaran kreatif dan
produktif melalui tugas analisis lingkungan adalah pola pembelajaran yang digunakan
untuk menyampaikan konsep fisika dengan cara mengajak siswa untuk aktif, kreatif
dalam menyelesaikan tugas berupa permasalahan sehari-hari yang sering ditemukan
di lingkungan sekitar yang diselesaikan secara kooperatif. Rumusan masalah
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah aktivitas siswa menggunakan model
pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan?; (2)
bagaimanakah retensi hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran
kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan?; (3) apakah model
pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan efektif
diterapkan dalam pembelajarn fisika?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji
aktivitas siswa, retensi hasil belajar fisika siswa, dan efektifitas pembelajaran fisika
menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis
lingkungan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian “bagian Research and
Development”. Populasi penelitian adalah siswa SMA yang belajar fisika. Sampel
penelitian adalah siswa kelas X-1, X-2, dan X-6 SMA Negeri 1 Panji Kabupaten
Situbondo tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.
Setiap siklus terdiri dari pre-test, perlakuan, post-test, refleksi dan diakhiri dengan tes
tunda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes,
observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan: (1) persentase aktivitas untuk
vii
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
mengkaji aktivitas siswa selama PBM kemudian mendeskripsikannya; (2) uji retensi
untuk mengkaji retensi hasil belajar setelah belajar; (3) uji efektifitas untuk mengkaji
efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kreatif dan
produktif melalui tugas analisis lingkungan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Aktivitas belajar siswa
menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis
lingkungan untuk ketiga kelas pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dan
termasuk dalam kategori baik, terutama komponen keaktifan siswa dalam
memperhatikan penjelasan guru dan diskusi kelompok. Komponen keaktifan siswa
dalam diskusi kelas, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan tergolong
tidak baik. (2) Retensi hasil belajar fisika untuk ketiga kelas pada setiap siklusnya
menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis
lingkungan tergolong kuat. (3) Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model
pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan untuk ketiga
kelas pada siklus I tergolong efektif, pada siklus II dan siklus III tergolong sangat
efektif.