PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL DISCOVERY DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN PANCAKARYA 01 AJUNG JEMBER
Abstract
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Salah satunya yaitu model pembelajaran yang guru terapkan dalam mengajar dikelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang disediakan oleh sekolah. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Pembelajaran yang menerapkan model discovery dengan metode eksperimen, siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk menemukan pengetahuan yang mereka butuhkan dengan melakukan suatu percobaan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi.