PENENTUAN PRODUCT POSITIONING SARUNG MEREK ATLAS DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan product positioning
dari sarung merek ATLAS di Kabupaten Jember melalui prioritas konsumen.
Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah Konsumen sarung merek
ATLAS di wilayah Jember yang mengerti secara langsung maupun tidak langsung
atribut produk yang ditawarkan. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive
Sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 (seratus) responden.
Metode analisis yang digunakan adalah Fishben Attitude Model. Data yang
diperoleh diuji menggunakan analisis Fishben Attitude Model untuk mengetahui
keandalan dan kesahihan (Validity dan Reliability), hasil analisis menunjukkan
prioritas dan persepsi sarung merek ATLAS di kota Jember.
Dari pengolahan data diperoleh hasil bahwa tahan lama dan model menarik
lebih diprioritaskan oleh konsumen dalam membeli sarung namun konsumen tetap
memberi persepsi yang baik terhadap atribut-atribut produk yang lain, sedangkan dari
uji ketepatan positioning diperoleh hasil bahwa hanya model menarik yang dinilai
tepat menjawab kebutuhan konsumen.