dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk
terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa perbankan pada PT. Bank
Rakyat Indonesia cabang Probolinggo, baik secara simultan maupun parsial serta
untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan.
Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang menggunakan jasa perbankan
PT. Bank Rakyat Indonesia cabang Probolinggo. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian F
hitung
> F
pada (k – 1) (n – k) (32,964 > 2,68) maka
variabel citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara bersama-sama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan jasa perbankan
pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang
menyatakan bahwa diduga terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari
komponen brand image yang terdiri dari citra pembuat (corporate image), citra
pemakai (user image), dan citra pemakai (product image) terhadap keputusan
konsumen memilih PT. Bank Rakyat Indonesia cabang Probolinggo terbukti
kebenarannya atau dalam hal ini H
tabel
diterima.
Berdasarkan hasil analisis yang bisa dilihat pada tabel 4.11 diperoleh hasil
koefisien determinasi berganda (R
1
2
) sebesar 0,507, hal ini berarti 50,7%
perubahan keputusan konsumen memilih PT. Bank Rakyat Indonesia cabang
Probolinggo dipengaruhi oleh citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk
sedangkan sisanya sebesar 49,3% disebabkan oleh faktor lain yang tidak termasuk
dalam persamaan regresi yang dibuat.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah citra
pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara simultan mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa
perbankan pada PT. Bank Rakyat Indonesia cabang Probolinggo. Secara parsial,
variabel citra pembuat, citra pemakai dan citra produk mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa perbankan
pada PT. Bank Rakyat Indonesia cabang Probolinggo. | en_US |