PENGARUH PEMENUHAN FASILITAS BELAJAR, BIMBINGAN DI RUMAH, MOTIVASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Abstract
Kegiatan belajar anak di rumah tidak lepas dari peranana orang tua sebagai
pihak yang turut bertangggung jawab atas masa depan mereka. Peran serta orang tua
diantaranya pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di rumah, pemberian
motivasi belajar dan menjalin komunikasi dengan pihak sekolah untuk mengetahui
perkembangan lebih lanjut tentang kondisi siswa disekolah. Peran orang tua dalam
mendidik anak di rumah harus dapat berjalan beriringan bersama-sama saling
melengkapi dengan pihak sekolah atau guru, untuk mencapai tujuan bersama yaitu
peningkatan prestasi belajar anak yang lebih optimal. Beberapa faktor diatas adalah
sebagaian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari
pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di rumah, motivasi belajar dan
komunikasi orang tua dengan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII
SMPN 4 Jember semester ganjil tahun ajaran 2007/2008.
Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu
SMPN 4 Jember kelas VIII semester ganjil. Metode pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah proposional random sampling sebanyak 70 siswa, sedangkan
metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...