PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PRISMA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI HARJOMULYO 02 SILO JEMBER TAHUN AJARAN 2009-2010
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah selama ini hanya untuk mencapai tujuan
yang sesuai dengan kurikulum. Dalam mengejar target kurukulum tersebut para guru
cenderung menggunakan tehnik pembelajaran yang mementingkan hasil dari pada
proses. Sehingga guru kurang memperhatikan aspek pribadi siswa, diantaranya guru
harus memperhatikan hubungan antar siswa. Untuk itu diterapkan pembelajaran yang
dapat membangun aspek pribadi siswa, salah satunya melalui pembelajaran
kooperatif dengan tipe Group Investigation. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk
mengetahui aktivitas belajar siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe
group investigation untuk pokok bahasan bangun ruang prisma pada siswa kelas V
SD Negeri Harjomulyo 02 tahun ajaran 2009-2010; 2) untuk mengetahui hasil belajar
siswa setelah pembelajaran bangun ruang prisma pada siswa kelas V SD Negeri
Harjomulyo 02 tahun ajaran 2009-2010.