MOTIVASI MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER DALAM MENGGUNAKAN SAC UPT BS-PB SEBAGAI SARANA BELAJAR BAHASA INGGRIS SECARA MANDIRI
Abstract
5.1 Simpulan
1. Salah satu tugas yang diberikan selama penulis PKN yaitu membuat materi
belajar bahasa Inggris. Kegiatan lainnya adalah merapikan buku-buku di ruang
workshop atas.
2. Salah satu faktor penting dalam proses belajar adalah motivasi. Motivasi akan
mengarahkan seseorang kepada usaha untuk mencapai tujuannya.
3. Berdasarkan hasil kuesioner sebesar 55% menunjukkan bahwa motivasi
mahasiswa dalam menggunakan SAC UPT BS-PB adalah mengerjakan tugas
yang diberikan oleh dosen. Mengerjakan tugas merupakan presentase yang
paling besar.
4. SAC UPT BS-PB merupakan sarana belajar bahasa Inggris secara mandiri.
Mahasiswa dapat mempelajari bahasa Inggris sesuai denagn keinginan dan
kebutuhannya karena mahasiswa dapat memilih sendiri materi yang telah
disediakan oleh SAC UPT BS-PB.
5.2 Saran
Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama melaksanakan PKN di SAC
UPT BS-PB Universitas Jember yang sekaligus sebagai akhir dari penulisan
laporan ini, penulis ingin memberikan saran yang diharapkan dapat bermanfaat
bagi semua pihak.
Adapun saran-saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mahasiswa sebaiknya tidak hanya menggunakan SAC UPT BS-PB untuk
mengerjakan tugas saja tetapi juga untuk memperdalam pelajaran bahasa
Inggris.
2. Dosen mata kuliah Bahasa Inggris sebaiknya mengajak sesama mahasiswa ke
SAC UPT BS-PB untuk lebih mengenalkan SAC UPT BS-PB kepada
mahasiswa yang belum pernah menggunakan SAC UPT BS-PB.