dc.description.abstract | Pembelajaran menulis di Sekolah Dasar merupakan salah satu keterampilan
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang memegang peranan penting.
Keterampilan menulis merupakan salah satu landasan utama bagi siswa untuk
menguasai berbagai ilmu dan pengetahuan lebih lanjut. Hasil observasi di SDN
Baratan 01 Jember menyatakan bahwa kemampuan menulis siswa kelas IB pada
umumnya masih rendah. Berdasarkan hasil observasi tersebut, masih banyak siswa
yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah,
yaitu > 65. Rendahnya kemampuan menulis siswa juga dipengaruhi oleh kelengkapan
media dan sumber belajar serta cara guru menyampaikan pembelajaran. Upaya yang
akan diterapkan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan kegiatan melengkapi
kalimat berdasarkan gambar, sehingga dapat menstimulasi kreativitas belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu:
(1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis kalimat sederhana melalui kegiatan
melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang dapat meningkatkan keterampilan
menulis kalimat sederhana pada siswa kelas 1B SDN Baratan 01 Jember Tahun
Pelajaran 2010/2011?, dan (3) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis
kalimat sederhana siswa setelah kegiatan melengkapi kalimat berdasarkan gambar
pada siswa kelas 1B SDN Baratan 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011? | en_US |